1

Latihan1 JavaScript
*Penulisan kode HTML*

Ya'ahowu

Selamat datang ke blog "Ya'ahowu Tanö"......
Blog ini saya buat sebagai sarana untuk menuliskan ekspresi atau hasil buah pikiran, pengalaman, serta kutipan-kutipan dari buku yang pernah di baca.

Sabtu, 26 Mei 2012

Contoh Proposal Penelitian


UPAYA MENGATASI BUTA HURUF DI DESA LAURU FADORO,
AFULU, NIAS UTARA, SUMATERA UTARA
TAHUN 2011


BAB  I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
            Belakangan ini, seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi di era globalisasi yang tengah ramai dibicarakan di masyarakat kita serta mengenai era perdagangan bebas yang akan dimulai sebentar lagi, pemerintah merencanakan kegiatan – kegiatan pembaruan yang kelak akan berguna guna menghadapi era globalisasi dan perdagangan bebas.
            Pendidikan adalah salah sektor yang  merupakan bagian penting dari usaha pemerintah guna mewujudkan cita citanya. Berdasarkan pengamatan atas usaha dari pemerintah tersebut, penulis ingin mengetahui apakah penyebab banyaknya masyarakat buta huruf.
            Dari uraian di atas, untuk mengetahui lebih lanjut tentang penyebab banyaknya masyarakat yang buta huruf, penulis bermaksud melakukan penelitian yang diberi judul “Upaya Mengatasi Buta Huruf di Desa Lauru Fadoro, Afulu, Nias Utara, Sumatera Utara Tahun 2011.”

B.     Identifikasi Masalah
         Identifikasi masalah dari penelitian yang berjudul “Upaya Mengatasi Buta Huruf di Desa Lauru Fadoro, Afulu, Nias Utara, Sumatera Utara Tahun 2011” adalah sebagai berikut:
1.      Penyebab banyaknya masyarakat Desa Lauru Fradoro, Kecamatan Afulu, Kabupaten Nias Utara, Provinsi Sumatera Utara yang buta huruf.
2.      Usaha pemerintah dalam mengatasi masalah buta huruf di Desa Lauru Fadoro, Kecamatan Afulu, Kabupaten Nias Utara, Provinsi Sumatera Utara.
3.      Status sosial ekonomi masyarakat Desa Lauru Fadoro, Kecamatan Afulu, Kabupaten Nias Utara, Provinsi Sumatera Utara.
4.      Peranan orang tua masyarakat Desa Lauru Fadoro, Kecamatan Afulu, Kabupaten Nias Utara, Provinsi Sumatera Utara. dalam menyekolahkan anak-anak mereka.

C.    Rumusan Masalah
         Rumusan masalah dari penelitian yang berjudul “Upaya Mengatasi Buta Huruf di Desa Lauru Fadoro, Afulu, Nias Utara, Sumatera Utara Tahun 2011” yakni dimuat dalam pertanyaan-pertanyaan berikut:
1.      Apa yang menyebabkan banyaknya masyarakat Desa Lauru Fadoro, Kecamatan Afulu, Kabupaten Nias Utara, Provinsi Sumatera Utara yang buta huruf?
2.      Bagaiman peran orang tua dalam memberi motivasi belajar kepada anak?
3.      Apasaja usaha pemerintah dalam mengatasi masalah buta huruf di Desa Lauru Fadoro, Kecamatan Afulu, Kabupaten Nias Utara, Provinsi Sumatera Utara?
4.      Bagaimana motivasi atau minat anak-anak masyarakat Desa Lauru Fadoro, Kecamatan Afulu, Kabupaten Nias Utara, Provinsi Sumatera Utara  dalam belajar?
5.      Bagaiman cara untuk menanggulangi masalah buta huruf di Desa Lauru Fadoro, Kecamatan Afulu, Kabupaten Nias Utara, Provinsi Sumatera Utara?

D.    Tujuan Penelitian
         Tujuan dilakukannya penelitian yang berjudul “Upaya Mengatasi Buta Huruf di Desa Lauru Fadoro, Afulu, Nias Utara, Sumatera Utara Tahun 2011” adalah untuk mengetahui penyebab banyaknya masyarakat Desa Lauru Fadoro, Kecamatan Afulu, Kabupaten Nias Utara, Provinsi Sumatera Utara yang buta huruf, serta bagaimana solusi untuk mengatasinya.

E.     Manfaat penelitian
         Manfaat yang bisa diperoleh dari penelitian yang berjudul “Upaya Mengatasi Buta Huruf di Desa Lauru Fadoro, Afulu, Nias Utara, Sumatera Utara Tahun 2011” yaitu sebagai berikut:
1.      Memberi informasi bagi kita penyebab banyak masyarakat Desa Lauru Fadoro, Kecamatan Afulu, Kabupaten Nias Utara, Provinsi Sumatera Utara yang buta huruf.
2.      Untuk mengetahui sejauh kepedulian pemerintah terhadap masyarakatnya terutama di Desa Lauru Fadoro, Kecamatan Afulu, Kabupaten Nias Utara, Provinsi Sumatera Utara.


BAB II
KAJIAN TEORI

A.    Teori Psikologi  Manusia
1.      Teori Perkembangan Anak
........................
2.      Teori Gangguan Mental
........................
B.     Teori Pendidikan
........................
C.    Motivasi Belajar Anak
........................
D.    Cara Penanggulangan Buta Huruf
1.      Peran Pemerintah
........................
2.      Peran Orang Tua
........................
E.     Teori Kemasyarakatan
1.      Pengaruh Lingkungan
........................
2.      Pengaruh Teman Sebaya/Bermain
........................
F.      Peranan Orang Tua

BAB III
METODE PENELITIAN

A.    Jenis Penelitian
         Penelitian yang berjudul “Upaya Mengatasi Buta Huruf di Desa Lauru Fadoro, Afulu, Nias Utara, Sumatera Utara Tahun 2011” merupakan penelitian kualitatif dan kuantitatif.

B.     Waktu dan Tempat Penelitian
         Penelitian yang berjudul “Upaya Mengatasi Buta Huruf di Desa Lauru Fadoro, Afulu, Nias Utara, Sumatera Utara Tahun 2011” dilaksanakan di Desa Lauru Fadoro, Kecamatan Afulu, Kabupaten Nias Utara, Provinsi Sumatera Utara. Yaitu pada 15 Desember 2011 samapai dengan 15 Februari 2012.

C.    Subjek Penelitian
         Subjek penelitian yang berjudul “Upaya Mengatasi Buta Huruf di Desa Lauru Fadoro, Afulu, Nias Utara, Sumatera Utara Tahun 2011” adalah masyarakat Desa Lauru Fadoro, Kecamatan Afulu, Kabupaten Nias Utara, Provinsi Sutera Utara. Sedangkan sampel diambil dua dusun yaitu dusun 1 (satu) Fadoro, dan dusun 2 (dua) Turenamohesa yang terdiri dari:
Laki-laki      : 175 orang
Perempuan  : 200 orang
Total            : 375 orang

D.    Teknik Pengumpulan Data
         Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melakukan wawancara, observasi, serta menyebarkan angket kepada masyarakat.
Adapun wawancara yang dilakukan yaitu wawancara terbuka.
Contoh angket yang disebarkan:
1.      Motivasi orang tua dalam menyekolahkan anak:
a.       Tinggi,         b. Rendah,      c.  Sangat tinggi,           d. Sangat rendah. 
2.      Kegemaran anak dalam belajar
a.       Tinggi,       b. Rendah,        c.  Sangat tinggi,           d. Sangat rendah.    

E.     Teknik Analisis Data
Teknik analisis data yang berjudul “Upaya Mengatasi Buta Huruf di Desa Lauru Fadoro, Afulu, Nias Utara, Sumatera Utara Tahun 2011” adalah menggunakan peneliti sebagai penganalisis, dengan cara:
1.      Merangkum hasil wawancara dan mengevaluasinya.
2.      Mendeskripsikan hasil wawancara dan observasi.
3.      Mengumpulkan hasil angket, serta menghitung presentase masing-masing.
4.      Membuat tabel.
5.      Menarik kesimpulan dari hasil wawancara, observasi, dan angket.

Tidak ada komentar: